Jumat, 23 April 2010

Corak kain tradisi Indonesia


Kekayaan Indonesia memang tidak terbantahkan. Secara alam, Nusantara ini dikaruniai berbagai macam tumbuhan, hewan yang beraneka ragam. Bahkan beberapa di antaranya tidak terdapat di belahan bumi mana pun. Tidak berhenti dalam hal ini saja, dilihat dari manusia sebagai penghuninya, maka dijumpai berbagai suku bangsa, adat, budaya, dan agama ; keanekaragaman yang menyatu di satu wilayah Negara Republik Indonesia.
Dari banyaknya suku bangsa yang ada, maka setiap kelompok memiliki keunikannya sendiri yang antara lain tampak pada kain tradisinya, baik dilihat dari teknis pembuatannya, motif, warna, dan bahannya. Namun jika disimak maka kain tradisi yang sangat beragam ini memiliki kesamaan motif. Semua kain tradisi di Indonesia ini mengimba benda-benda yang ada di alam, teristimewa binatang dan tumbuhan.
Melalui bentuk binatang atau tumbuhan yang berbeda di setiap tempat itulah maka muncul keaneka ragaman corak yang dapat dilihat hingga sekarang. Seperti yang tampak pada kedua gambar di atas. Baik corak permukaan dengan teknik batik, maupun corak struktur dengan teknik tenun, mengimba bentuk-bentuk alam seperti binatang dan tumbuhan.

1 komentar:

  1. Salam,
    Senang rasanya berkunjung ke blog ini.
    Tapi jika tidak keberatan, rasanya akan sangat bagus jika sembari update blog juga turut menjadi kontributor dan sahabat budaya di http://budaya-indonesia.org

    senang rasanya membaca artikel dan data buday di website ini.

    BalasHapus